endang_yl
Utas oleh
 @endang_yl

Tahukah arti nama Nanggala? Nama kapal selam yg kini dinyatakan on eternal patrol. Al kisah, Baladewa, putra Basudewa raja Mandura dengan permaisuri Dewi Mahendra. Baladewa adalah ksatria yg setia pada kebenaran. Meski temperamental, ia arif & bijaksana. Ia adalah kakak Kresna.

Foto dari @endang_yl

Baladewa punya badan tegap, perkasa, dan berkulit bersih. Ia punya 2 pusaka bernama Nanggala dan Alugara. Nanggala berupa mata bajak dan Alugara berupa gada. 2 pusaka ampuh ini hadiah dari dewa Brahma setelah Baladewa merampungkan tapa dan belajar di gunung Argasonya.

Saking ampuhnya pusaka ini, diyakini akan menjadikan ketimpangan di palagan Kurusetra saat perang Baratayudha. Itu sebabnya, Kresna mengelabuhi adiknya untuk bertapa di Grojokan Sewu, ketika esoknya Baratayudha mulai ia tidak mendengar karena berisiknya air di Grojokan Sewu.

Berjuta tahun cahaya dan masa wayang purwa, dua pusaka ampuh Baladewa itu mentas dari tapanya, Alugara menjelma menjadi kapal patroli laut dan Nanggala menjelma kapal selam. Berwarsa-warsa keduanya menjaga kedaulatan samudera nusantara.

Hari Sabtu, 24 April 2021, Nanggala memilih moksa di selat Bali. Bersama 53 ksatria yang setia, yang menggegam semboyan #wiraanantarudira Tabah Sampai Akhir. Nanggala moksa untuk #oneternalpatrol, berpatroli untuk selamanya. Terima kasih Ksatria Nusantara, Namamu abadi ๐ŸŒนโค๐Ÿ˜ญ

Utas tidak lengkap? Coba Perbarui Utas
Baca di Twitter โ†—๏ธ Follow Twitter @bacautas โ†—๏ธ
>