logos_id
Utas oleh
 @logos_id

Ikigai merupakan sebuah istilah dari negara Jepang untuk menjelaskan kesenangan & makna kehidupan. Apa yang gua suka? Apa yang bisa gua lakuin dengan baik? Apakah kemampuan gua layak dapat bayaran? Apa yang dibutuhkan dunia dari gua? Mari kita membahas Ikigai! - a thread!

Foto dari @logos_id

Etos kerja di Jepang mungkin dapat dibilang unik, mereka sangat terbiasa dengan kondisi sushi-zume, sebuah kondisi di mana para pekerja kantoran berdesak-desakan pada pagi hari di kereta komuter. Kemudian, bekerja setengah mati dan pulang ke rumah tengah malam.

Bagaimana warga Jepang dapat bertahan dalam situasi ini? Salah satu rahasianya ialah apa yang disebut-sebut sebagai Ikigai.

Asal mula kata ikigai muncul di periode Heian (794 ke 1185). Gai datang dari kata kai ("tempurung kerang" dalam bahasa Jepang) yang dianggap sangat bernilai, dan dari situ ikigai diartikan sebagai kata yang berarti nilai kehidupan.

Dalam buku berjudul "Ikigai-ni-tsuite" yang diterbitkan tahun 1966 oleh Mieko Kamiya, menjelaskan bahwa ikigai mirip dengan "kebahagiaan" namun memiliki perbedaan yang halus dalam nuansanya. Ikigai ialah hal yang membuat kita melihat maju ke masa depan meski saat ini menderita.

Untuk meraih ikigai ini, kita perlu mempertanyakan 4 buah pertanyaan ke dalam diri kita masing-masing: - Apa yang gua suka? - Apa yang bisa gua lakuin dengan baik? - Apakah kemampuan gua layak dapat bayaran? - Apa yang dibutuhkan dunia dari gua?

Dari keempat pertanyaan itu, terbentuk 4 buah irisan, yakni mission, vocation, profession dan passion. Apa saja maksudnya? 1. Mission merupakan fase ketika kita melakukan hal yang kita sukai dan juga hal ini dibutuhkan oleh dunia.

2. Vocation merupakan fase ketika kita melakukan apa yang dibutuhkan oleh dunia dan kita patut mendapatkan bayaran. 3. Profession merupakan fase ketika kita melakukan apa yang kita dapat lakukan dengan baik dan kita dibayar untuknya.

Utas tidak lengkap? Coba Perbarui Utas
Baca di Twitter ↗️ Follow Twitter @bacautas ↗️
>